Correction & Retraction Policies

Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam bertanggung jawab untuk menjaga integritas dan kelengkapan konten karya ilmiah kami sampai akhir untuk semua pengguna dengan sangat serius. Perubahan pada artikel setelah diterbitkan secara online hanya dapat dilakukan dalam keadaan yang diuraikan di bawah ini. Jurnal ini sangat mementingkan otoritas artikel setelah diterbitkan dan kebijakan kami didasarkan pada praktik terbaik dalam komunitas penerbitan akademis.

Erratum adalah pernyataan penulis dari makalah asli yang secara singkat menjelaskan setiap koreksi yang dihasilkan dari kesalahan atau kelalaian. Efek apa pun pada kesimpulan makalah harus diperhatikan. Artikel yang dikoreksi tidak dihapus dari jurnal online, tetapi pemberitahuan erratum diberikan. Erratum tersedia secara gratis untuk semua pembaca dan ditautkan ke artikel yang dikoreksi.

Pencabutan adalah pemberitahuan bahwa makalah tidak boleh dianggap sebagai bagian dari literatur ilmiah. Pencabutan dikeluarkan jika ada bukti yang jelas bahwa:

  1. Temuan tidak dapat diandalkan; hal ini dapat disebabkan oleh kesalahan perilaku atau ketidak jujuran;
  2. Hasil temuan sebelumnya telah dipublikasikan di tempat lain serta author tidak mencantumkan referensi, atau izin yang tepat dan atau penjiplakan karya;
  3. Melaporkan penelitian yang tidak etis.

Untuk melindungi integritas karya, artikel yang dicabut tidak dihapus dari jurnal online, tetapi pemberitahuan pencabutan diberikan, hal ini tersedia secara gratis untuk semua pembaca, dan ditautkan ke artikel yang ditarik kembali. Pencabutan dapat dipublikasikan oleh penulis jika mereka menemukan kesalahan ilmiah yang substansial; dalam kasus lain, Editor atau Penerbit dapat menyimpulkan bahwa pencabutan harus dilakukan. Dalam semua kasus, pencabutan menunjukkan alasan tindakan tersebut dan siapa yang bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Jika pencabutan dilakukan tanpa persetujuan mutlak dari penulis, itu juga dicatat. Dalam kasus yang jarang dan ekstrim yang melibatkan pelanggaran hukum, Penerbit dapat menyunting atau menghapus artikel. Informasi bibliografi tentang artikel akan disimpan untuk memastikan integritas karya ilmiah

Penerbit memberi tahu pembaca bahwa artikel telah dikoreksi setelah diterbitkan. Ini dikeluarkan oleh Penerbit dan digunakan dalam kasus kesalahan pengetikan atau produksi (yang merupakan kesalahan Penerbit) sehingga mempengaruhi integritas metadata artikel (seperti judul, daftar penulis atau byline) atau akan secara signifikan mempengaruhi kemampuan pembaca untuk memahami artikel. Artikel asli dihapus dan diganti dengan versi yang dikoreksi. Catatan Penerbit tersedia secara gratis untuk semua pembaca. Kesalahan kecil yang tidak memengaruhi integritas metadata atau kemampuan pembaca untuk memahami sebuah artikel dan yang tidak melibatkan kesalahan ilmiah atau kelalaian akan dikoreksi sesuai kebijaksanaan Penerbit.

Pada kasus seperti itu, artikel asli dihapus dan diganti dengan versi yang diperbaiki. Tanggal koreksi dibuat dicatat pada artikel yang dikoreksi. Penulis juga harus mengetahui bahwa artikel asli hanya dapat dihapus dan diganti dengan versi yang dikoreksi kurang dari satu tahun setelah tanggal penerbitan asli. Koreksi artikel yang memiliki tanggal publikasi yang lebih lama dari satu tahun hanya akan didokumentasikan oleh Catatan Penerbit.

Panduan berikut mungkin juga berguna: Panduan COPE untuk Mencabut Artikel