Peer Review Process

Jurnal Akuntansi dan Teknologi Keuangan (ATK) merupakan jurnal bidang ilmu manajemen yang memiliki kode etik ilmiah. Kode etik ilmiah ini harus dipatuhi semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi dalam jurnal ini yaitu: pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis. Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiahyang berpedoman pada etika publikasi, yaitu (i) kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai penulis; dan (iii) kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari (Peer-Reviewer)

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan telaahannya kepada editor sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan;
  2. Tidak menelaah karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak langsung; 
  3. Menjaga kerahasiaan penulis dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi atas naskah yang ditelaahnya; 
  4. Mendorong penulis untuk memperbaiki naskahnya;
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan; dan 
  6. Menelaah naskah secara tepat waktu sesuai dengan gaya selingkung jurnal dan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas penulis, penarikan kesimpulan, dan lain-lain).

Proses Review

Setiap artikel yang telah di submit ke Financial: Jurnal Akuntansi akan di periksa keasliannya terlebih dahulu oleh editor kemudian diteruskan ke reviewer. Artikel akan di review minimal oleh dua orang mitra bestari (reviewer). Waktu yang diperlukan dalam proses review maksimal 4 minggu. Proses review dilakukan dengan Blind Peer-Review.