Membangun Dasar Ibadah Melalui Kegembiraan: Eksplorasi Metode Bermain Dalam Pengajaran Sholat Kepada Anak Usia Dini

Authors

  • Hibana Hibana Program Studi PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56854/jsshr.v2i2.324

Keywords:

Dasar Ibadah, Kegembiraan, Metode Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali penggunaan metode bermain dalam pengajaran sholat kepada anak usia dini, dengan fokus pada penciptaan lingkungan belajar yang penuh kegembiraan. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data mengenai efektivitas metode ini dalam membangun dasar ibadah pada anak. Subjek penelitian melibatkan anak-anak usia dini di beberapa taman kanak-kanak yang menerapkan kurikulum pendidikan Islam.

Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan serangkaian aktivitas bermain yang dirancang khusus untuk mengenalkan konsep dan praktik sholat. Aktivitas ini meliputi permainan peran, lagu, dan cerita interaktif yang mengintegrasikan aspek-aspek penting dalam sholat, seperti wudhu, gerakan sholat, dan bacaan sholat. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta orang tua, untuk mengukur tingkat pemahaman, minat, dan sikap anak-anak terhadap ibadah sholat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman, minat, dan sikap positif anak-anak terhadap sholat. Anak-anak menunjukkan peningkatan kegembiraan dan antusiasme dalam belajar sholat, yang secara tidak langsung memperkuat dasar ibadah mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis bermain dapat menjadi strategi efektif dalam pendidikan agama, khususnya dalam membangun fondasi ibadah pada anak usia dini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pendekatan pedagogis dalam pendidikan Islam anak usia dini, dengan menekankan pada pentingnya menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.

References

Al Irsyadi, F. Y., Puspitassari, D., & Kurniawan, Y. I. (2019). ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 9(1), 17–28.

Asyari, A., Ahmad, R. S., & Rasidi, M. A. (2022). Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Amalan Ibadah Shalat pada Anak. FONDATIA, 6(2), 235–250.

Efendi, J. (2019). Multimedia Interaktif Pembelajaran Shalat Fardhu Untuk Madarasah Ibtidaiyah Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 7(1).

Faiziyah, A. (2017). Transforamsi nilai-nilai religius dalam pembentukan karakter; studi kasus pada siswa SMK Arrahmah Purwotengah Papar Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1), 12–21.

Haerullah, A. H., & Hasan, S. (2017). Model & pendekatan pembelajaran inovatif (teori dan aplikasi).

Handoko, Y. (2023). PENTINGNYA PEMAHAMAN TEOLOGI IBADAH BERDASARKAN IBRANI 10: 19-27 DALAM MENINGKATKAN MINAT BERIBADAH DI KALANGAN PEMUDA GEREJA KRISTEN SETIA INDONESIA VIKTORIA PALOAN KALIMANTAN BARAT. Alucio Dei, 7(1).

Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 177–188.

Hestiningsih, I., Suyanto, B., Ilyas, A., Nugroho, D. A., & Informatika, T. (2012). Rancang Bangun Aplikasi Pembelakaran Agama Islam Untuk Anak-Anak Berbasis Multimedia Interaktif dan Web. Semarang: Politeknik Negeri Semarang.

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263–278.

Inawati, A. (2017). Strategi pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.

Kurniawati, N., Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2021). Memadukan Inovasi dan Kearifan Lokal dalam Pengajaran Literasi pada Anak Usia Dini: Pendampingan Gerakan Literasi. JE (Journal of Empowerment), 2(1), 125–138.

Muchith, M. S. (2017). Guru PAI yang profesional. Quality, 4(2), 200–217.

Muthoharoh, M. (2019). Media powerpoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.

Nurfaizah, N., & Rahman, M. H. (2020). Inovasi pengembangan nilai-nilai agama pada anak usia dini. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2).

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57.

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85.

Saputra, B. D. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Belajar Sholat Di Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. IAIN Metro.

Wilis, A. N., & Hartati, S. (2020). Kegiatan Ibadah Sholat di Sentra Ibadah Pada Taman Kanak-Kanak Khaira Ummah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 542–549.

Downloads

Published

2024-03-10

Issue

Section

Artikel